Senin, 12 Desember 2011

Senjata Yang diperlukan untuk menaklukkan GAJAH (GBP/JPY)


Creator : ServerUang Indo FX

Selamat siang rekan-rekan semua

Ini adalah posting saya ke dua di forum ini. Sebagai newbie di bidang forex (belum 1 tahun menggeluti forex), saya ingin masukkan dari rekan-rekan semua yang ada di forum ini

Saya di forex bermain di Marketiva dengan username Profit_Trade, juga bermain forex di RealTrade (platform MetaTreder 4).

Di kedua tempat tersebut saya bermain dengan menggunakan uang asli bukan uang maya.

Begitu kenal forex saya bermain di Marketiva. Setelah coba beberapa minggu pakai uang maya, saya pakai uang nyata. Karena saya pikir bermain forex itu mudah. Saya banyak mengalami LOSS yang cukup banyak di Marketiva. Hal ini karena saya kurang pengalaman dan waktu itu tidak pakai indikator yang memadai. Saya hanya pakai 2 SMA dan 6 SMA.

Setelah mengalami Loss cukup banyak bagi saya, saya coba untuk belajar forex dari berbagai sumber. Juga dari berbagai forum. Termasuk forum ini, IndoFX-Trader.

Berikut ini beberapa pendapat saya (mohon dikoreksi para pakar forex yang ada di forum ini, saya ingin belajar banyak dari anda semua) :

1. Awal terjadinya Trend, karena adanya News. Untuk itu saya harus punya indikator News. ForexFactory_Calendar saya dapatkan dari forum ini kalau gak salah dari Andry_Dee_Jay (Thanks). Bisa juga terjadinya Trend karena ada banyaknya permintaan (Hukum Supply and Demand).

2. Aneka macam Trend : Minor Trend, Middle Trend dan Major Trend

3. Ada juga istilah Trend merayap (Crippy Trend), tandanya adalah : batang candlestick pendek pendek tetapi terus merayap ke atas (Crippy UpTrend) demikian juga sebaliknya.

4. SideWays Trend : tandanya pergerakan harga tidak seberapa, misal sekitar 10-20 pips bolak balik.

5. Untuk trading :
a. Kita harus menentukan sistem trading yang bagaimana yang bakal kita jalani. (ada banyak pendapat tentang sistem trading, dan tidak ada yang terbaik. Yang terbaik adalah sistem yang cocok menurut kita masing-masing.)

b. Manajemen Modal. Kita harus menentukan berapa banyak lot/quantity yang hendak kita pasang posisi. Seberapa tahan jika posisi kita berlawanan dengan arah trend. Seberapa banyak kerugian yang berani kita tanggung jika posisi kita berlawanan dengan arah Trend.

c. Trik apa yang akan kita pakai. Misal Compounding, Hit and Run, Scalping dll.

d. Pair apa yang hendak kita mainkan, GBP/JPY, EUR/USD, GBP/USD dll ada banyak pilihan.

e. Ada yang berpendapat sebaikya kita konsentrasi di satu pair saja, dengan alasan :
i. Setiap pair memiliki sifat gerakan yang berbeda dengan pair yang lainnya.
ii. Dengan bermain di satu pair, uang yang kita tradingkan lebih terkonsentrasi.

f. Ada yang berpendapat , jika kita main di beberapa pair tujuannya agar resiko bisa dipecah. Jangan menaruh 1000 butir telur dalam satu keranjang, kata mereka.

g. Pada TimeFrame brapa yang hendak kita jalani untuk trading. Menurut saya :
i. TimeFrame H1 (Hourly / 1 jam) sampai Monthly adalah untuk mengetahui arah Trend.
ii. TimeFrame 15 Menit atau 30 Menit adalah untuk mengetahui awal terjadinya Trend.
iii. TimeFrame 1 menit atau 5 menit adalah untuk eksekusi open posisi kita. Agar kita tepat pasang posisi, cepat kelihatan profit.

h. Indikator apa saja yang kita butuhkan untuk Trading Forex ? Uuhhhh... ada banyak sekali indikator yang bertebaran di internet. Demikian banyak nya indikator sehingga kita kadang-kadang bingung memilih indikator yang mana yang akan kita pakai. Sebenarnya kalau kita cermati ulasan saya di atas, kita hanya butuh beberapa saja indikator yang diperlukan. Indikator yang kita pakai harus disesuaikan dengan TimeFrame-nya (point g di atas).


Oke sekarang kita berbicara tentang bagaimana cara menaklukkan Gajah (GBP/JPY).

A. Alasan kenapa memilih pair Gajah (GBP/JPY) : karena pergerakan poinnya (pips-nya) sangat besar per harinya. Sehingga kita bisa kaya karena Gajah, tapi sebaliknya, bisa miskin mendadak gara-gara Gajah. haa..haaa..haa...
Hal ini bisa diketahui melalui indikator FerruFX_MultiInfo_+_Light_Chart (Daily Range)

B. TimeFrame yang dipilih adalah : 15 menit. Untuk memudahkan deteksi dini awal terjadinya Trend. Ataupun Trend Reversal (Trend berbalik arah). TimeFrame di atas 15 menit tetap kita gunakan, sesuai point g di atas.

C. Indikator yang digunakan : (Untuk TimeFrame di atas 15 menit, silahkan pakai indikator apa saja sesuai selera anda.)

1). Indikator ToR (Tranding Or Ranging) dan Damiani_Volatmeter, untuk mendeteksi apakah layak open posisi atau tidak.

2). ADX_cross, NonLagMA_v7.1, ToR dan FerruFX_Multi_Info_+_Light_Chart untuk mengetahui arah Trend dan seberapa kuat Trend yang sedang terjadi. Kekuatan 75% adalah awal terjadinya Trend. Trend kuat adalah di atas 85%

3). MACD_Colored_v103 digunakan untuk mengetahui dimana titik puncak atas dan titik ter bawah. Buy Low Sell High.

4). Indikator MultiTimeFrame (MTF) : RSI, CCI dan Stochastic. Untuk monitoring gerakan harga, dan tampilan kelihatan cantik. He..he..

5). Indikator : FXsniper_Ergodic_CCI_trigger_alert, TRIX dan ADX_cross adalah indikator eksekusi untuk : Open Buy, Close Buy, Open Sell dan Close Sell.


Dengan menggunakan indikator-2 di atas, selama beberapa waktu terakhir saya mulai menikmati manisnya forex.
Bagaimana pendapat rekan-rekan di sini ? Termasuk dari para pakar forex, karena saya ingin belajar banyak dari anda semua.

Sampai disini dulu, salam sukses untuk kita semua.


ServerUang / Profit_Trade.
---------------------------

Catatan tambahan :

1. Gambar Char taktif saya lampirkan.
2. Semua indikator yang saya sebutkan di atas, saya lampirkan.
3. File template (TPL), saya lampirkan
4. Saya menggunakan monitor 17" resolusi : 1024 x 768, jadi jika untuk ukuran layar di bawah itu, rekan rekan harap menyesuaikan posisi indikator terutama MTF RSI, MTF CCI, MTF STOCHASTIC dan TRIX
5. FF_Cal_v05 dan iXmeter di aktifkan pada window chart terpisah.
6. Untuk indikator iXmeter :
a. Copy-kan ke folder Expert.
b. buka window chart baru, TimeFrame berapa saja dan pair apa saja bebas.
c. Aktifkan iXmeter melalui menu ExpertAdvisor
d. Gunanya untuk mengetahui kekuatan mata uang penting dibandngkan mata uang lainnya pada saat itu.
Indikator ini sering kali mendahului indikator apapun bahkan mendahului candlestick (jadi, bersifat meramalkan).
Contoh : GBP dan JPY
Jika GBP lebih kecil angkanya / lebih rendah dibandingkan JPY maka arah Trend adalah turun, demikian juga sebaliknya.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DOWNLOAD Indikator_Penakluk_Gajah.rar (http://www.ziddu.com/download/12406408/Indikator_Penakluk_Gajah.rar.html)


Ini Tampilannya

http://www.indofx-traders.com/download.php?id=1510


Kapan Saat ENTRY ?

Saat Entry :
------------

1. Tunggu sinyal dari ToR. Dia akan mengeluarkan sinyal suara dan tulisan, bahwa trend segera dimulai. Up atau Down.
2. Setelah ada sinyal dari ToR, indikator yang harus di awasi adalah :
a. indikator Persentase kekuatan trend dari FerruFX_Multi_Info_+_Light_Chart. Kekuatan 75% berarti Trend sedang dimulai. Trend power 85% saat yang bagus untuk entry. Trend Power 90% adalah sangat kuat, jangan salah pasang posisi kalo gak mau miskin mendadak.

b. indikator ADX_cross dan TRIX anda amati

c, Eksekusi open posisi atau close posisi sebelumnya, tunggu sinyal dari FXsniper. Dia akan mengeluarkan sinyal suara dan tulisan. Setelah FXsniper mengeluarkan suara dan tulisan, anda cocokkan (di filter) dengan ADX_cross dan TRIX.

Saat Exit :
-----------

a. Anda RASAKAN TEKANAN TREND melalui indikator prosentase Trend, MTF RSI, MTF CCI dan MTF Stochastic

b. Sinyal Exit berasal dari FXsniper. Dia akan mengeluarkan sinyal suara dan tulisan. Misal saat itu kondisi DownTrend, FXsniper menulis Short, saat Trend akan balik arah, dia akan menuliskan FXsniper "going LONG". Dan jangan lupa, anda cocokkan lagi dengan ADX_cross dan TRIX


Pisau tidak akan tajam kalau tidak digunakan dan di asah.
Oleh karena itu, coba selama minimal 1 minggu (kalau bisa pakai uang maya dulu).

Catatan tambahan, jika tinggi rendahnya candlestick berbeda cukup signifikan dengan posisi candlestick sebelumnya, maka indikator NonLagMA akan memberitahu melaui sinyal suara. Itu sinyal paling dini, sangat membantu saat kita tidak berada di depan monitor.

Sekian

1 komentar:

  1. Selamat siang,
    Perkenalkan nama saya Okta dari Forexmart

    Forexmart adalah Broker dari Eropa yang teregulasi CySEC (Cyprus Securities and Exchange Commission, license number 266/15) dan kami tertarik untuk menawarkan kerjasama kepada anda.
    Bisa saya meminta nomor kontak untuk menghubungi anda lebih lanjut?
    Anda dapat mengontak saya di 08111622285 / okta@forexmart.com

    Terima Kasih
    Okta
    Business Development

    BalasHapus