Senin, 12 Desember 2011

Matematika Dibalik Strategi Trading

Pernah mendengar atau mengalami bertransaksi di pasar modal, saham, index, atau forex dan sejenisnya? Tentu anda pernah mendengar adanya indikator pergerakan pasar. Atau jika anda belum pernah mengalaminya, pada artikel ini akan saya coba bahas mengenai beberapa strategi trading berdasarkan perhitungan matematika.
Berbeda dengan strategi trading klasik yang menganalisa kapital dari pergerakan harga dan analisa fundamental untuk menghasilkan prakiraan kecenderungan harga pasar. Strategi trading matematik lebih pada menganalisa data yang telah lewat untuk menunjukkan indikator arah pergerakan harga pasar dan manajemen resiko.
Strategi trading matematik dapat dipecah menjadi dua metode; metode untuk menghasilkan indikator pergerakan pasar, dan perhitungan manajemen resiko sesuai tingkat kekuatan modal terhadap pergerakan pasar.
Matematika dan Strategi Teknikal
Strategi dan analisa indikator yang paling mudah, popular dan tetap dijadikan acuan sebagian besar trader di dunia adalah Moving Average.

Moving Average adalah rata-rata harga dari beberapa data pergerakan harga yang sudah lalu. Sebagai contoh, jika anda ingin mengetahui rata harga dalam 29 hari yang lalu. Anda tinggal menjumlahkan harga (pembukaan, penutupan, atau rata-rata perhari) dan membaginya 29.
Setiap hari, data ini tentu akan berubah dikarenakan pada setiap akhir hari ke-30 maka hari ke-1 akan tergantikan dengan hari ke-2 dan bergeser seterusnya seperti itu.
Teori dibalik penggunaan analisa Moving Average 29 adalah jika harga bergerak di atas Moving Average, itu berarti harga cenderung tidak akan jatuh di bawah harga terendah dalam 29 hari yang lalu. Jika harga mulai jatuh di bawah Moving Average, itu menunjukkan kekuatan harga pasar mulai berbalik arah.
Moving Average tidak hanya menunjukkan kepada anda kecenderungan harga pasar, namun juga kuantitas resiko sehingga moving average merupakan indikator teknikal yang sangat objektif dan matematis.
Pada artikel berikutnya, akan saya bahas mengenai matematika di balik trading strategi lainnya. So, jangan lewatkan artikel berikutnya!

http://netsains.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar