Rabu, 23 Maret 2011

processor i7


Tanggal 17 nopember 2008 kemarin secara resmi Intel Corp telah merilis processor terbaru mereka yang dibangun dengan teknologi 45nm. Processor baru ini diklaim menjadi processor tercepat di dunia saat ini yang mampu bekerja hingga kecepatan clock 3,25 GHz.
Intel Core i7 merupakan bagian dari platform Nehalem, yang oleh Intel dianggap sebagai perubahan terbesar abad ini dalam bidang arsitektur processor, yang didalamnya juga termasuk juga chipset x58.
Perubahan besar yang ada pada processor baru ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya terdapat pada letak memory controller. Tidak seperti generasi-generasi sebelumnya seperti Pentium maupun Core2Duo, dimana memory controller terletak pada chipset terpisah yaitu Nothbridge, maka pada Intel i7 ini memory controller terletak pada pusat processor itu sendiri. Architechture seperti ini sebenarnya telah diterapkan terlebih dulu oleh AMD saat merilis processor Athlon. Jadi apakah Intel sekarang menjadi pengekor? Yang pasti dengan perubahan arsitektur ini, permasalahan seperti bottle neck komunikasi antara processor dan FSB (Front Side Bus), yang sekarang ini digantikan oleh sistem interkoneksi baru disebut QuickPatch, bisa diminimalisir. Fitur lain dalam i7 adalah penambahan SSE4 extension pada instruction set sehingga kinerja processor pada tataran multimedia menjadi jauh lebih baik.
Untuk release pertama, Intel memperkenalkan tiga seri i7 diantaranya adalah Core i7-965 EE - 3.2GHz , Core i7-940 - 2.93GHz, dan Core-i7 920 - 2.66GHz. Ketiga seri tersebut dibandrol dengan harga masing-masing $999 (£600), $562, dan $284. Menanggapi manuver Intel ini, pihak AMD tak mau begitu saja mengalah. Mereka tengah mempersiapkan rilis processor quad core dengan teknologi yang sama, yaitu 45nm. Wah makin panas nih perang antar AMD vs Intel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar