Rabu, 23 Maret 2011

Macam macam Genset


Saat ini cadangan tenaga listrik tambahan untuk bangunan instansi sudah menjadi kebutuhan primer. Misalnya untuk bangunan rumah sakit, cadangan tenaga listrik tambahan sangat diperlukan karena rumah sakit merupakan institusi yang sangat vital, yang menyangkut nyawa banyak orang. Dengan semakin banyaknya instrumen pendukung perawatan pasien yang menggunakan tenaga listrik, maka sangatlah perlu bagi rumah sakit untuk menyediakan tenaga cadangan. Apalagi jika listrik utama dari PLN sering mati.
Genset adalah salah satu sumber daya listrik yang dapat digunakan sebagai cadangan sumber daya. Selain dayanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, harganya pun terjangkau serta mudah didapatkan dipasaran. Genset memiliki umur pemakaian yang lama dan unjuk kerja yang tinggi. Fleksibilitas dan besar voltasenya yang dapat disesuaikan menjadikan genset sebagai cadangan listrik utama berbagai institusi dan industri, sebagai sarana antisipasi terhadap padamnya aliran listrik dari PLN.
Perlu dilakukan perencanaan yang matang untuk instalasi genset, mencakup perawatan dan alternatif tindakan guna mengatasi berbagai kendala yang muncul pada pengoperasiannya. Ada banyak kasus dimana instalasi genset hanya asal pasang, mengabaikan berbagai aspek dan faktor penting, baik yang berupa gangguan bunyi, getaran dan emisi gas buang dari diesel maupun keamanan dari bahaya korsleting dan sengatan listrik. Dalam hal ini adalah sangat penting untuk menyediakan pedoman perawatan dan sistem uji keamanan bagi pengoperasian genset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar