Senin, 21 Februari 2011

PENGANTAR SINGKAT


Teknik elektro adalah bidang disiplin ilmu yang sangat luas dan memiliki tingkat perkembangan yang paling cepat pada beberapa dekade ini jika dibandingkan dengan disiplin ilmu lainnya. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya jumlah permintaan pasar terhadap hasil-hasil pengembangan teknologi elektro yang berdampak pada semakin ditingkatkannya berbagai penelitian-penelitian dibidang elektro serta didukung pula oleh pertumbuhan industri elektro dan kebutuhannya dalam beberapa dekade ini.
Hans Christian Orsted
Pengembangan ilmu pengetahuan tentang elektro dimulai sejak ditemukannya hubungan antara medan magnet dengan energi listrik oleh Hans Christian Orsted pada 1820 bahwa kawat yang dialiri arus listrik dapat menolak jarum magnet kompas. Namun, Orsted tidak menawarkan penjelasan yang memuaskan untuk fenomena ini. Ia pun tidak mencoba menghadirkan fenomena tersebut dalam kerangka matematis.
Sebulan setelah temuan Orsted ini menyebar di Paris, dua orang ilmuwan Prancis Jean Baptiste  Biot dan Felix Savart berhasil menentukan bentuk medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang stabil. Percobaan tersebut kemudian dikenal dengan hukum Biot-Savart.
Michael Faraday Bapak Penemu Listrik
Penemuan dibidang elektromagnetik tersebut kemudian berlanjut pada penelitian Michael Faraday yang menemukan gaya gerak listrik (GGL) berdasarkan dari penelitiannya tentang efek perubahan medan magnet di dalam kumparan yang menyebabkan munculnya beda potensial pada kedua ujung kumparan. Michael Faraday menemukan efek induksi magnet ini pada tahun 1831. Meskipun penemuannya hampir bersamaan dengan penemuan Joseph Henry, namun banyak dari para ilmuwan dan pelajar dibidang elektro mengakui Michael Faraday sebagai Bapak Penemu Listrik.
Pada dasarnya, Michael Faraday telah menemukan teknik pembangkitan energi listrik dan motor listrik pertama melalui hasil percobaanya tersebut. Pada percobaannya tersebut ia menggunakan sebatang magnet yang digerakkan keluar masuk melalui kumparan sehingga menghasilkan beda potensial listrik di ujung-ujung kumparannya. Hal yang menjadi dasar dikembangkannya pembangkitan energi listrik, pembuatan motor listrik dan lain sebagainya yang hingga hari ini menjadi dasar perkembangan disiplin ilmu dan teknologi ini. Penemuannya ini kemudian dikenal sebagai Hukum Induksi Faraday. Michael Faraday juga dikenal sebagai penemu kapasitor. Satuan kapasitansi kapasitor diberi nama dengan menggunakan namanya: Farad.
Thomas Alfa Edison penemu dan pemilik 1093 paten peralatan elektronika
Wajah dunia hari ini tidak akan pernah seperti yang terlihat hari ini tanpa penemuan besar berbagai perangkat yang memanfaatkan energi listrik. Thomas Alfa Edison adalah salah satu ilmuwan yang banyak memanfaatkan energi listrik untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat penemuannya Bola Lampu Listrik pada tahun 1879 yang digunakan sebagai penerangan pertama kali di Kota Newyork, sejak saat itulah wajah dunia berubah. Perkembangan dunia elektro semakin luas dan hingga kini dibagi menjadi beberapa cabang ilmu.
Tutorial lengkap tentang dasar-dasar ilmu Teknik Elektro ditulis didalam sub-halaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar