Selasa, 10 Agustus 2010

Macam macam KAPASITOR

Capasitor


Kondensator (Capasitor) adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad. Ditemukan oleh Michael Faraday1791-1867). Kondensator kini juga dikenal sebagai "kapasitor", namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia1782 (dari bahasa Itali condensatore), berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding komponen lainnya. Kebanyakan bahasa dan negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris masih mengacu pada perkataan bahasa Italia "condensatore", seperti bahasa Perancis condensateur, Indonesia dan Jerman Kondensator atau Spanyol Condensador.

  • Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung.

image:Polarized_kondensator_symbol_3.jpg Lambang kondensator (mempunyai kutub positif dan negatif) pada skema elektronika.
  • Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah, hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju yang sering disebut kapasitor (capacitor).

image:Capacitor_symbol.jpg Lambang kapasitor (tidak mempunyai kutub) pada skema elektronika.

Namun kebiasaan dan kondisi serta artikulasi bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang paling dominan digunakan atau lebih sering didengar. Pada masa kini, kondensator sering disebut kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (C).
Satuan dalam kondensator disebut Farad. Satu Farad = 9 x 1011 cm² yang artinya luas permukaan kepingan tersebut menjadi 1 Farad sama dengan 106 mikroFarad (µF), jadi 1 µF = 9 x 105 cm².
Satuan-satuan sentimeter persegi (cm²) jarang sekali digunakan karena kurang praktis, satuan yang banyak digunakan adalah:
  • 1 Farad = 1.000.000 µF (mikro Farad)
  • 1 µF = 1.000.000 pF (piko Farad)
  • 1 µF = 1.000 nF (nano Farad)
  • 1 nF = 1.000 pF (piko Farad)
  • 1 pF = 1.000 µµF (mikro-mikro Farad)
Adapun cara memperluas kapasitor atau kondensator dengan jalan:
  1. Menyusunnya berlapis-lapis.
  2. Memperluas permukaan variabel.
  3. Memakai bahan dengan daya tembus besar.

Wujud dan Macam kondensator

Berdasarkan kegunaannya kondensator kita bagi dalam:
1. Kondensator tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah)
2. Kondensator elektrolitElco)
3. Kondensator variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah)
Jika anda lihat kapasitor jenis elektrolit, anda boleh baca nilai yang tertera pada badan kapasitor. Bagaimana pula dengan kapasitor jenis mika, seramik dan sebagainya? Kadang kala susah mengerti apakah kode yang tertera di atas badan kapasitor tersebut. Sebagai contoh 105. Kod 105 bermaksud nilainya adalah 1uF. Begini kiraannya:
105 = 10 + 5 sifar (00000)
= 10 + 00000
= 1 000 000 pF (piko)
= 1 000 nF (nano)
= 1 uF (mikro)
Coba lihat kode ini pula. 474J. Jika anda lihat kode seperti ini, 474J bermakna nilainya adalah 0.47uF. Bagaimana pula dengan huruf J? Huruf J mewakili nilai toleransi 5%. Seperti juga resistor yang terdapat nilai toleransi yang mewakili warna kode, kapasitor akan menunjukkan tanda huruf.
Beberapa tujuan dari penggunaan kapasitor dalam suatu rangkaian :
1. sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan rangkaian yang lain ( pada PS ).
2. sebagai filter dalam rangkaian PS
3. sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian antenna.
4. untuk menghemat daya listrik pada lampu neon.
5. menghilangkan bouncing ( loncatan api ) bila dipasang pada saklar.
Macam – macam kapasitor :
1. kapasitor tetap
jenisnya :
a. kondensator kertas
b. kondensator mika
c. kondensator keramik
d. kondensator polyester
e. kondensator film
f. kondensator elektrolit
2. kapasitor tidak tetap / variable
jenisnya :
a. varco ( variable condensator )
b. kondensator trimmer
c. kondensator discharge switch ( CDS )

sumber :http://elektronika-elektronika.blogspot.com/2007/02/capasitor.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar